Glitter Words

Senin, 14 Juni 2010

Kompetisi Hacking.,.,


Apa sebenarnya hacking itu? klo menurut pengertian saya, hacking adalah ngoprek. Yakni mempelajari sesuatu dengan keingintahuan (curiosity) yg tinggi, ngutak atik sesuatu, 'ngudek-ngudek' sampai ke 'jeroannya'. Sesuatunya apa dong? ya up to you... bisa komputer, ricecooker, handpone, mesin. Tapi masalahnya ada ngga ya hacker  handphone hacker ricecooker atau hacker pesawat terbang?? hheu... Walaupun saat ini hacking identik dengan 'bobol-membobol', tapi gue kurang setuju klo cuman bobol server orang doang!
Untuk seorang pemula yang berminat menjadi seorang hacker, dapat mencoba mengikuti kompetisi hacking. Salah satu kompetisi yang ada adalah CTF. 'Capture The Flag' (CTF) merupakan ajang yang dipenuhi unsur game dan edukasi dalam bidang teknologi keamanan komputer. Didalamnya, peserta dimungkinkan tak hanya menyerang 6 komputer server yang sudah disediakan, namun komputer sesama peserta pun dapat menjadi sasaran.
CTF memberikan tantangan bagi peserta untuk mencari dan menemukan celah keamanan pada jaringan komputer yang sudah disiapkan oleh panitia. Jaringan ini dibuat dan disimulasikan seperti layaknya jaringan Internet. Tugas para peserta adalah mencari lubang keamanan yang sengaja diciptakan panitia. 

Echo merupakan salah satu forum yang berperan sebagai wadah para calon hacker belajar menjadi seorang hacker.. (just for references)
selamat mencoba....  (^_^)v

referensi :
http://achai.cjb.net
http://echo.or.id 

Tidak ada komentar: