Rabu, 06 Juli 2011

Myth TV

MythTV adalah sebuah Digital Video Recorder dan home media center hub. Kira-kira alternatif dari Windows Media Center atau Tivo yang free dan open source. MythTV di mulai tahun 2002 oleh Isaac Richards untuk memperoleh TV box yang lebih baik dari pada digital cable box dari kabeltv. Melalui komunitas open source terus berkembang menjadi alat yang sangat powerfull untuk menonton dan merekam acara televisi. Dengan plugin arsitektur-nya, akhirnya mentransformasikan MythTV menjadi home media center suite yang mampu untuk memanage personal photo, video, dan koleksi musik, termasuk untuk update cuaca, Zone Minder home security system, dan lain – lain. 

Myth TV Home-Page


1. Kelebihan Myth TV

1.      Merekam Acara Televisi
MythTV menyediakan fasilitas untuk merekam acara televisi, baik secara praktis dengan menggunakan jadwal tayangan, maupun secara manual. Acara televisi yang telah direkam dapat ditonton dari dalam MythTV dengan antarmuka yang memudahkan pencarian acara televisi.
2.      Mendukung beberapa tuner
MythTV mendukung penggunaan lebih dari satu TV tuner. Dengan demikian, satu tuner bisa melakukan tugas yang berbeda-beda.
Satu sistem MythTV akan dapat merekam/menayangkan dua atau lebih acara televisi yang ditayangkan pada waktu yang bersamaan.

3.      Arsitektur Client Server
MythTV menggunakan arsitektur client-server: sistem yang menangkap siaran televisi (backend) bisa saja berbeda dengan sistem yang menampilkan tayangan ke penonton (frontend), dan keduanya saling berkomunikasi melalui jaringan. MythTV mendukung penggunaan beberapa frontend sekaligus, dan bahkan juga mendukung penggunaan beberapa backend sekaligus. Saya sendiri menaruh backend pada komputer server rumah, tetapi menyaksikan tayangan televisi pada notebook.
4.      Mendukung Plugin
MythTV mendukung plugin. Dengan plugin, kita bisa menambahkan fasilitas seperti web browser, pemutar musik dan DVD, laporan cuaca, games, dan sebagainya.

2. Fitur - Fitur

1.   Dapat menonton dan merekam secara analog dan atau digital TV   
     termasuk HDTV.
2.   Acara yang ditampilkan dapat diatur.
3.   Automatis untuk menditeksi atau skip iklan, dengan koreksi
     manual melalui cutlist editor.
4.   Penjadwalan rekaman yang pandai untuk mengatasi konflik.
5.   Dapat menonton DVD.
6.   Mendukung untuk mendengarkan list lagu.
7.   Penjadwalan dan administrasi memiliki banyak fungsi yang
     dapat dijalankan melalui web browser.

3. Kategori


1.   Myth Backend
Aplikasi Myth Backend Server ini berjalan di belakang layar secara fungsional untuk Myth TV. Myth TV tidak hanya diambil dari penjadwalan dan perekam acara di TV, tapi juga termasuk menyimpan list TV terbaru, mengolah database, menampilkan pemeliharaan berkala pada beberapa data yang dihasilkan dalam proses perekaman. Myth Backend Server juga merespon data berupa Streaming Recording sehingga untuk menjalankan Frontend tidak perlu diakses secara langsung.
2.   Myth Frontend
Myth Frontend adalah sebuah interface antara pengguna dengan Myth TV. Disini adalah tempat dimana kita menonton, mendengarkan lagu, dan sebagainya. Masing – masing Myth Frontend memiliki memiliki minimal satu atau lebih Myth Backend Server di dalam pemesanan untuk menentukan acara apa yang dapat di rekam sesuai dengan acara yang tersedia atau TV Tunner yang tersedia untuk ditonton secara langsung.
Selain itu, Myth Frontend menyediakan akses ke status sistem, pemandu list TV (kita dapat menjadwalkan rekaman).