Jumat, 13 Agustus 2010

MikroTik RouterOS™

Sebuah sistem jaringan, baik itu skala kecil maupun skala besar, memerlukan sebuah perangkat yang disebut sebagai router. Router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan alamat IP tujuan (read : alamat IP yang akan dituju). Router berfungsi sebagai gateway yakni, untuk menghubungkan sekurang-kurangnya 2 (dua) jaringan pada sebuah Local Area Network (LAN) ataupun Wide Area Network (WAN).

Pada umumnya router digunakan pada sistem jaringan yang berskala besar, hal ini dikarenakan jika digunakan pada jaringan yang berskala kecil maka mengakibatkan pemborosan terhadap dana pembuatan jaringan. Mengapa pemborosan? Hal ini disebabkan karena harga router yang MAHAL.

Jadi, untuk membuat jaringan berskala kecil yang membutuhkan router maka diperlukannya alternatif lain. Salah stu alternatif yang dapat digunakan adalah mengganti router dengan PC Router. PC Router adalah komputer sederhana yang memiliki 2 (dua) perangkat Ethernet yang masing-masing digunakan untuk jaringan lokal dan lainnya untuk akses ke jaringan WAN (terhubung ke ISP) yang kemudian diisikan dengan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan adalah mikrotik RouterOS™.

MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Perangkat lunak router Mikrotik memiliki seluruh fasilitas routing yang dibutuhkan, mampu mengendalikan jaringan kerja yang kompleks. Penggunaan dan pemasangannya sederhana, cukup dengan pelatihan sebentar saja.

Fitur PC router Mikrotik ini mencakup load balancing untuk membagi beban akses jaringan, fasilitas tunneling untuk membuat akses aman VPN (Virtual Provate Network), bandwith management untuk mengatur berbagai protokol dan port, serta memiliki kemampuan untuk dikombinasikan dengan jaringan nirkabel.

Miktrotik juga menyediakan fasilitas firewall untuk melindungi akses dari berbagai ancaman yang tersebar di internet. Mereka yang memiliki dana terbatas tapi menginginkan akses jaringan di dalam dan luar yang aman, mudah digunakan, murah, dan tangguh, menggunakan Mikrotik adalah pilihan yang menarik.