Glitter Words

Selasa, 30 November 2010

Solusi untuk Garuda..


Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang cukup terkenal dengan keelitannya dan fasilitasnnya yang sangat memadai. Namun demikian, harga tiket penerbanagan pun disesuaikan dengan fasilitasnnya.

Saat ini, Garuda Indonesia sedang mengalami kasus mengenai  banyaknya  delay atas keberangkatan pesawat garuda dan banyaknnya perubahan jadwal. Hal ini mengakibatkan banyaknya penumpang merasa kecewa atas pelayanan dari maskapai ini.

Menurut manajemen dari maskapai ini, penyebab terjadinya delay yang dikarenakan banyak jadwal yang berubah adalah :
1. Sabotase
2. Kabelnya Lepas
3. Pergantian Sistem
4. Kekurangan Resource

Pandangan saya atas kejadian ini adalah pihak intern maskapai ini kurang  memperhitungkan resiko yang akan didapat akibat pergantian sistem. Meskipun sudah melakukan pengecekan atas sistem yang akan menggantikan sistem yang lama, namun jika mengganti secara keseluruhan dalam waktu yang bersamaan akan ada resiko kegagalan keseluruhan.

Bagaimana sikap yang harus diambil oleh pihak maskapai ini?
Untuk mengalihkan isu-isu yang ada, sebaiknya pihak manajemen garuda memperbaiki sistem baru yang mengakibatkan banyaknya perubahan jadwal tersebut hingga jadwal kembali seperti sedia kala. Sebaiknya dilakukan uji coba kembali dan menghitung peluang resiko apa saja yang akan terjadi dan mengambil solusi dari perhitungan tersebut. Setelah semuanya selesai, adakan konfersi pers dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan adanya permintaan maaf kepada para penumpang yang merasa dirugikan atas waktunya. Hal ini dilakukan agar kesalah pahaman yang terjadi saat ini terselesaikan.








Tidak ada komentar: