Glitter Words

Jumat, 10 Juni 2011

LPJ

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
DIVISI AHLI
SUB DIVISI OPEN SOURCE
HIMATEK
PERIODE 2010

I.     PENDAHULUAN
Segala Puji bagi Allah SWT. karena atas rakhmat dan hidayah-Nya kami dapat  menyusun laporan pertanggungjawaban ini berdasarkan program kerja yang  telah dilaksanakan selama periode kepengurusan.
HIMATEK merupakan suatu wadah organisasi yang terfokus pada himpunan mahasiswa Teknik Komputer. Salah satu divisi yang  terdapat didalamnya adalah sub divisi  Open Source. Open Source adalah  sub divisi dari divisi Ahli.
Tugas dari sub divisi Open Source adalah :
1.      Mengembangkan pengetahuan  civitas akademi Politeknik Telkom khususnya prodi Teknik Komputer.
2.      Tempat sharing ilmu tentang Open Source
II.  PROGRAM KERJA
Berdasarkan tugas dan Haluan Kerja sekertaris maka disusun program kerja sebagai berikut:
1. Seminar ‘Open Mind Linux 10.10’
2. Linux Party (Pelatihan)
3. Pertemuan rutin antar anggota sub divisi open source
4. Remastering OS
III.   REALISASI
1.    Seminar ‘Open Mind Linux 10.10
Open Mind Linux Ubuntu 10.10 adalah kegiatan berupa seminar dimana seluruh civitas akademik Politeknik Telkom mendapatkan pengetahuan baru tentang Sistem Operasi Linux. Program ini di substitusi dengan Linux Party.
2. Linux Party
Linux Party adalah program pelatihan yang diberikan kepada seluruh civitas akademik Politeknik Telkom, khususnya Program Studi Teknik Komputer. Program ini, bertujuan untuk melakukan pembelajaran bersama mengenai Sistem Operasi Linux Ubuntu 10.10. Dalam program ini kami hanya menampung 30 peserta. Peserta akan mendapatkan installer Ubuntu 10.10 berupa CD, sticker, dan pin. Peserta tidak dikenakan biaya apapun. Program ini dilaksanakan pada tanggal 7 November 2010 dan berjalan dengan baik.
3.  Pertemuan rutin antar anggota sub divisi open source
Pertemuan rutin adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota sub divisi Open Source. Pertemuan rutin ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar anggota serta dapat dijadikan waktu untuk sharing mengenai progress program kerja. Program ini berjalan dengan baik.
4.  Study Group
Study Group adalah belajar bersama (Sharing) materi Open Source antar anggota. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota sub divisi Open Source mengenai Open Source itu sendiri. Program ini kurang dilaksanakan dengan baik karena banyaknya jadwal yang bentrok antar anggota.
5.  Remastering
Remastering adalah pembuatan kembali Sistem Operasi Linux menjadi sebuah Sistem Operasi Linux yang baru (versi HIMATEK). Program ini belum dilaksanakan, namun divisi Open Source ini akan melakukan kerjasama dengan mahasiswa IT Telkom untuk melaksanakan pelatihan Basic Linux di kampus Politeknik Telkom ini pada tanggal 7-8 Januari 2010.
IV.    SARAN-SARAN
1.    Untuk divisi Open Source dan Networking sebaiknya digabung saja, agar mencegah penggunaan materi yang sama. Apabila ingin dipisah sebaiknya divisi networking memiliki batasan materi, sehingga tidak mengambil lahan materi divisi Open Source.
2.    Sebaiknya di adakan kerjasama antara divisi-divisi yang berada dibawah naungan divisi Ahli.
3.    Adanya transparansi antar divisi.
V.  PENUTUP
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami susun untuk melengkapi tanggung jawab atas amanah yang diembankan kepada kami. Tak ada yang sempurna, tak ada yang tanpa cela. Begitu banyak hal yang tidak dapat kami persembahkan untuk HIMATEK. Apalagi kami yang hanya manusia biasa tempat alpha dan salah. Oleh karena itu, diiringi ketulusan hati perkenankan kami memohon dibukakan pintu maaf dan keiklasan dari semua anggota HIMATEK.
Akhir kata, ucapan terima kasih kami persembahkan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dengan baik, secara moril maupun materiil dan kepada rekan-rekan pengurus atas kerjasama dan kebersamaan selama mengemban amanat ini. Semoga laporan pertanggungjawaban ini dapat dijadikan sebaga masukan bagi kepengurusan yang akan datang.




Bandung,  Desember 2010
Divisi Open Source
Koordinator,

Ajeng Anggraeni

Tidak ada komentar: